LOGIKA DAN FUNGSI (2) MICROSOFT EXCEL


LOGIKA DAN FUNGSI




Tujuan:

1.     Untuk memenuhi Tugas dari Mata Kuliah Microsoft Excel

2.    Untuk mengetahui langkah-langkah pengelolaan data sheet

3.    Untuk mengetahui rumus-rumus yang digunakan di pengelolaan data sheet Microsoft Excel


Uraian:

1.  FUNGSI VLOOKUP

Penggunan istilah vertikal pada VLOOKUP digunakan untuk merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana judul kolomnya terletak dibagian atas dan data-datanya tersusun ke bawah secara vertikal.

Contoh:









Langkah-langkah:

·         Buat lah judul terlebih dahulu

·         Ketiklah secara manual kolom No. Mahasiswa dan Nilai nya satu persatu.

·         Untuk mengisi kolom Huruf dan Bobot kita menggunakan tabel bantuan

·         Tabel bantuan ada disebelah kanannya

·         Untuk mengisi kolom Huruf bisa menggunakan rumus “=VLOOKUP(B4;$J$4:$L$13;2)”

·         Jangan lupa klik enter

·         Selanjutnya tinggal di tarik aja kebawah, maka semuanya akan terisi.

·         Dan untuk mengisi kolom Bobot gunakan rumus “=VLOOKUP(B4;$J$4:$L$13;3)” Klik enter…

·         Lalu tarik kebawah dan semuanya akan terisi





2.  FUNGSI HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP digunakan untuk mengisi data berdasarkan tabel referensi yang berbentuk baris/horizontal. Tentu berbeda dengan penggunaan VLOOKUP yang telah kita bahas diatas, dimana HLOOKUP judul kolomnya terletak dibagian kiri dan data-datanya tersusun ke kanan dalam bentuk horizontal.

Contoh:






Langkah-Langkah:

Caranya sama dengan dengan vlookup, tapi bedanya kolom pembantu vlookup berbentuk vertical sedangkan Hlookup berbentuk Horizontal.

·         Buat lah judul terlebih dahulu

·         Ketiklah secara manual kolom No. Mahasiswa dan Nilai

·         Untuk mengisi kolom huruf dan bobot menggunakan rumus dan kolom pembantu yang horizontal

·         Untuk mengisi kolom huruf “=HLOOKUP(B2;$I$2:$S$4;2)”

Klik enter lalu terik kebawah

·         Untuk mengisi kolom bobot gunakan rumus “=HLOOKUP(B2;$J$2:$S$4;3)”

Klik enter lalu tarik kebawah


3.  FUNGSI LEFT, MIDDLE, DAN RIGHT

Fungsi left pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter dimulai dari kiri di dalam string teks berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan. 

Fungsi mid pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter tertentu dari string teks atau di tengah string teks dimulai dari dan panjang karakter yang ditentukan. 

Fungsi right pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter dimulai dari kanan dalam string teks berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan.

Contoh:






Langkah-langkah:

·         Buatlah judul terlebih dahulu

·         Untuk mengisi LEFT menggunakan rumus “=LEFT(A4;4)”

·         Untuk mengisi MIDDLE menggunakan rumus “=MID(A4;4;5)”

·         Untuk mengisi RIGHT menggunakan rumus “=RIGHT(A4;4)”

·         Jangan lupa setiap rumus klik enter



4.  Studi kasus

Contoh:





Langkah-langkah:

·         buat lah kolom NIM, NAMA, ANGKATAN secara manual dan kolom pembantu di sampingnya.

·         untuk mengisi tingkat menggunakan rumus “=VLOOKUP(C4;$G$10:$I$13;2;FALSE)” klik Enter

·         untuk mengisi kolom Matkul menggunakan rumus “=VLOOKUP(C4;$G$10:$I$13;3;FALSE)” klik enter

·         lalu tarik lah kebawah


Selamat mempelajari....
mohon maaf jika ada kesalahan, karena manusia tidak luput dari kesalahan....
terima kasih!!!!!!!!!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERMAIN PERHITUNGAN DI DALAM MICROSOFT EXCEL

Langkah-Langkah Membuat Nota Di Microsoft Excel

kuesioner tentang anak rantau