LOGIKA DAN FUNGSI MICROSOFT EXCEL
Nama: Nadia Widi Rusmana (20)
Kelas : 2D-D3 Administrasi Bisnis
LOGIKA DAN FUNGSI
Tujuan:
Ø Untuk mengetahui apa
itu fungsi IF
Ø Untuk mempelajari
bagaimana cara menggunakan rumus IF di microsoft Excel
Ø Untuk mengetahui dan
mempelajari Rumus Fungsi OR dan AND
Ø Untuk mengetahui fungsi
IF Argumen Berupa Teks
FUNGSI
IF
Fungsi IF merupakan salah satu fungsi paling populer di Excel,
yang memungkinkan Anda membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan.
Oleh karena itu, pernyataan IF dapat
memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua
jika perbandingan Salah.
Fungsi IF memungkinkan Anda untuk membuat perbandingan logis
antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji kondisi dan mengembalikan
hasil jika True atau False.
·
=IF(Sesuatu adalah Benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak
lakukanlah hal lain)
Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil
pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.
Pernyataan IF sangat kuat, dan membentuk dasar dari banyak model
lembar bentang, namun pernyataan ini juga merupakan penyebab utama dari banyak
masalah lembar bentang. Secara ideal, pernyataan IF harus berlaku terhadap
kondisi minimal, seperti Pria/Wanita, Ya/Tidak/Mungkin, misalnya, namun
terkadang Anda mungkin perlu mengevaluasi skenario lebih kompleks yang
membutuhkan penumpukan* lebih dari 3 fungsi IF secara bersamaan.
Meskipun Excel memperbolehkan Anda untuk menumpuk hingga 64
fungsi IF yang berbeda, Anda sangat tidak disarankan untuk melakukannya.
Mengapa?
Keterangan:
·
Beberapa pernyataan IF memerlukan pemikiran mendalam agar
tersusun dengan benar dan memastikan bahwa logika tersebut dapat menghitung
setiap kondisi dengan benar hingga selesai. Jika Anda tidak menumpuk rumus
dengan benar 100%, rumus mungkin akan berfungsi 75%, namun akan mengembalikan
hasil yang tidak diharapkan 25%. Sayangnya, kemungkinan Anda mendapatkan 25%
sangat kecil.
·
Beberapa pernyataan IF dapat menjadi sangat sulit untuk
dipertahankan, terutama ketika kembali beberapa waktu kemudian lalu mencoba
mencari tahu apa yang pernah Anda, atau lebih buruk lagi, orang lain, coba
lakukan.
Contoh:
Langkah-langkah:
-
Ketik Judul terlebih dahulu
-
Ketik kolom nilai secara manual dan untuk kolom keterangan
dikosongkan dulu karena mengisi nya itu dengan menggunakan rumus
-
Untuk contoh gambar 1 dan 2 itu caranya sama, hanya rumusnya ada
yang diganti yaitu digambar 1 Nilai KKM nya 60 sedangkan gambar 2 Nilai KKM nya
adalah 65.
-
Selanjutnya, ketiklah rumus di sel kolom keterangan yang
pertama.
Rumusnya adalah: “=IF(A4>=60;"Lulus";"Tidak
Lulus")” untuk gambar 1!
Rumus untuk gambar 2
adalah: “=IF(D4>=65;"Lulus";"Tidak Lulus")”
-
Setelah mengetik rumusnya, klik ENTER
-
Kemudian tarik kebawah sel tersebut. Maka,hasilnya keluar secara
otomatis.
ARGUMEN BERUPA TEKS
Langkah-langkah:
-
Buatlah judul terlebih dahulu
-
Setelah itu, buatlah
kolom musim dan menyebabkan, tapi, kolom menyebabkan dikosongkan dulu karena
mengisinya menggunakan rumus.
-
Untuk mengisinya bisa
menggunakan rumus:
” =IF(A6="Hujan";"Kebanjiran";"Kekeringan")”
-
Lalu tekan ENTER
-
Kemudian tariklah dan
hasil akan keluar secara otomatis
FUNGSI OR
Rumus
OR akan mengembalikan nilai ke TRUE jika salah satu argumen bernilai TRUE dan
akan menjadi FALSE jika semua argumen bernilai FALSE.
Contoh:
Langkah-langkah:
-
Buat judul
-
Selanjutnya, buat secara
manual kolom “nama dan pendidikan”
-
Untuk kolom keterangannya
di kosongkan dulu
-
Kemudian masukkan rumus
untuk keterangan nya.
Rumusnya adalah “=IF(OR(B4="SMU/SMK";B4="D
I");"Tes tahap 1";"Gagal")”
-
Lalu tekan ENTER
-
Selanjutnya tariklah
kebawah dan hasilnya akan muncul secara otomatis
FUNGSI AND
Rumus
AND akan mengembalikan nilai ke TRUE jika semua argumen bernilai TRUE dan akan
menjadi FALSE jika ada salah satu argumen yang bernilai FALSE.
Contoh:
Langkah-langkah:
-
Buatlah kolom “nama,masa kerja, dan usia secara
manual(ketik sendiri)
-
Kemudian kolom keterangan harus kosong
-
Untuk mengisi kolom keterangan menggunakan rumus dan
jangan lupa menggunakan kolom pembantu disamping kolom keterangan yaitu “5 dan
30”
Rumusnya: “=IF(AND(B4>=5;C4<=30);"tes tahap
1";"gagal")”
-
Tekan ENTER
-
Kemudian tarik dan hasil akan muncul secara otomatis
FUNGSI IF BERTINGKAT
Rumus IF bertingkat secara umum
penggunaannya sama saja dengan IF tunggal. IF bertingkat memanipulasi variabel
[value_if_false] sebagai nested IF (percabangan IF).Berikut sistematikanya
PENTING: Penggunaan koma
(,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan
dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer
anda.
Contoh:
Langkah-langkah:
-
Buat/ketik secara
manual kolom “nomor mahasiswa dan kolom nilai” dan kosongkan kolom huruf nya
-
Setalah keduanya diisi
kemudian masukkan rumus
-
Untuk rumusnya sendiri
adalah “=IF(B4<=60;"E";IF(B4<=75;"D";IF(B4<=85;"C";IF(B4<=95;"B";"A"))))”
-
Tekan ENTER
-
Kemudian tarik kebawah
dan hasil akan muncul secara otomatis
STUDI KASUS
Langkah-langkah:
-
Buatlah secara manual
atau ketik untuk kolom”No,Nama,Kehadiran, dan Nilai”
-
Kemudian untuk Nilai
akhir, predikat nilai dan keterangannya dikosongkan dulu
Karena menggunakan
rumus
-
Untuk mengisi nilai
akhir gunakan rumus:” =D5*10%+E5*20%+F5*30%+G5*40%”
Kemudian ENTER.
-
Untuk mengisi kolom
predikat nilai gunakan rumus: “=IF(H5<50;"E";IF(H5<60;"D";IF(H5<65;"C";IF(H5<70;"C+";IF(H5<80;"B";IF(H5<85;"B+";IF(H5<100;"A")))))))”
Kemudian ENTER.
-
Untuk megisi kolom
keterangan gunakan rumus:” =IF(AND(H5>=60;C5>=14);"Lulus";"Tidak
Lulus")”
Kemudian ENTER.
Semoga bermanfaat!mohon maaf jika masih banyak kekurangan…:*
Komentar
Posting Komentar